wrwr

Tuesday, 14 May 2013

Keunikan Laba-laba


Ternyata laba laba disekitar kita memiliki banyak keunikan & kelebihan. Penasaran kan sama beberapa keunikannya? Kebanyakan laba laba memiliki sifat  yang agresif dan soliter. Banyak spesies laba laba yang bersikap mengancam hewan lain atau bahkan sesama spesies jika mencoba merebut makanan di daerahnya. Tapi ada juga beberapa spesies yang memiliki sifat sangat sosial dan mau bergotong royong membangun ‘kerajaan’ laba laba yang luar biasa, dan juga membangun sistem jaring yang rumit bersama sama dengan ribuan laba laba lainnya. Salah satu laba laba yang memiliki sifat social ini adalah laba laba Eduador’s Theridion Nigroannulatum, laba laba ini selalu berada dalam kelompok besar dan menggantung ratusan helai sutra ke tanah. Jika ada seranggga berukuran besar yang apes ‘mampir’ dan terjebak dalam sarang besar mereka, ratusan bahkan ribuan laba laba jenis ini akan saling membantu membungkus si serangga naas dan melumpuhkannya untuk disimpan sebagai cadangan makanan bersama.
Ada lagi jenis laba laba yang bisa terbang, laba laba yang baru menetas dan berukuran kecil dapat melakukan perjalanan ratusan bahkan ribuan mil. Kegiatan ini biasa di sebut ‘ballooning’. Jaring laba laba khusus yang disebut gossamer dibuat agar bisa dengan mudah diterbangkan oleh angin. Jaring ini berbentuk segitiga atau piramid dan jaring ini bisa melayang di udara selama berminggu minggu hingga memungkinkan laba laba menjelajahi daerah daerah lain bahkan pulau pulau lain yang terpisah lautan.
Kalau ada jaring yang berfungsi untuk terbang, ada juga jaring yang berfungsi sebagai ‘tangan mini’ untuk laba laba. Spesies laba laba yang bernama Ogre Faced atau Net casting adalah laba laba yang memiliki kelahlian ini. Laba laba ini menghasilkan Deinopidae, dan dengan tergantung terbalik laba laba ini mampu membuat jaring kecil di antara dua kaki depannya yang akan di gunakan untuk menjangkau atau meraup serangga lain yang lewat. Hebatnya, sutra khusus ini bersih dan tidak lengket, tapi begitu mangsanya berusaha kabur, jaring itu akan langsung menjerat rambut rambut dan sendi sendi serangga yang tertangkap seperti Velcro. Ini memungkinkan laba laba Ogre Faced untuk menjebak serangga yang cukup besar dan kuat hanya dengan sejumlah kecil sutra yang dihasilkannya.
Selanjutnya, ada laba laba yang bisa menipu dengan jebakan bunga. Banyak laba laba taman yang membuat sarang tipis dengan pola yang berbeda beda. Ini adalah jaring khusus yang bisa merefleksikan sinar ultra violet yang kemudian akan menciptakan pola pola khusus yang digunakan oleh bunga untuk menarik serangga penyerbuk. Laba laba juga memiliki pesona yang mematikan, bagi serangga tentu saja.
Laba laba bola atau Mastophorea, menggunakan jerat yang dimiliki dengan cara yang berbeda dengan arakhnida lainnya. Laba laba ini mengeluarkan jaring yang digumpalkan mirip bola, lalu diulur dengan tali yang diberi umpan mirip dengan orang memancing. Umpannya apa? Setiap laba laba bola akan mengeluarkan feromon yang bisa menarik ngengat jantan yang sedang mencari pasangan di musim kawin, sehingga ngengat jantan mendekat dan terjerat dalam umpan tersebut. Hmm, mampuss..
Laba laba ngga cuma memiliki keahlian di daratan, tapi juga di air. Laba Laba Penyelam contohnya. Argyroneta aquatica adalah salah satu laba laba sejati yang dapat ditemukan di dalam air, maka dari itu laba laba ini juga disebut dengan nama Laba-laba Penyelam. Tubuh laba laba ini berbulu halus dan ini berfungsi sebagai perangkat yang memungkinkan udara terus menempel pada laba laba saat menyelam, sehingga laba laba ini bisa keluar masuk air tanpa kendala. Jaring laba laba ini tersusun mirip seperti kapal selam buatan manusia, jaring inilah yang menjadi tempat bagi laba laba betina untuk membesarkan anaknya dan mengkonsumsi mangsanya.
Sniper? Di dunia laba laba juga ada kok. Hampir semua laba laba dianugrahi kemampuan membuat sutera dari organ yang disebut pemintal di ujung perutnya. Dan kebanyakan dari laba laba harus mampu menyentuh mangsanya dulu untuk bisa membungkusnya dalam balutan sutranya. Tapi untuk laba laba genus Scytodes, hal ini tidak berlaku. Laba laba tukang meludah ini memiliki kelenjar sutra tambahan yang terhubung ke mulut mereka. Perlahan lahan, laba laba ini akan merayap mendekati serangga lain, lalu meludahkan & menyemprotkan aliran jaring yang dicampur dengan racun ke mangsanya. Bisa ditebak akhirnya.. Kena deh..

No comments:

Post a comment